Sunday 27 April 2008

Apel Akbar Pemuda Ansor

Gus Ipul melakukan gebrakan dengan melakukan Apel Akbar seperti dilaporkan Kompas berikut.

Minggu, 27 April 2008 09:47 WIB

PASURUAN, MINGGU - Ketua Umum PP GP Ansor, Saifullah Yusuf memimpin apel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pada kegiatan hari lahir atau Harlah ke-74 Ansor di lapangan Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (27/4).

Pada kesempatan itu, Saifullah yang juga calon wakil gubernur Jatim berapasangan dengan Soekarwo mengatakan, dipilihnya Pasuruan sebagai tempat peringatan Harlah organisasi pemuda otonom di bawah Nahdlatul Ulama (NU) itu karena lokasinya berada di antara Surabaya dan Banyuwangi.

"Ibaratnya, Ansor itu hamilnya di Surabaya dan kemudian lahir di Banyuwangi. Makanya peringatan ini kami pilih di Pasuruan setelah delapan tahun lalu kami gelar dengan apel ribuan Banser di Makodam V/Brawijaya," kata mantan menteri itu.

Menurut dia, Ansor yang berarti sebagai penolong diharapkan bisa ikut menyebarkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah. Ia juga berharap agar Ansor menjadi pembela agama, kiai serta menjadi benteng NKRI. "Ansor ini lahir dalam kondisi Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, karena itu Ansor harus berjuang menjaga NKRI ini," katanya.

Sementara itu seusai melakukan apel, 11.000 warga Ansor dan Banser melakukan istighotsah atau doa bersama sebelum acara resepsi dilaksanakan pada siang hari yang direncanakan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA/GLO)

0 comments: